Halaman

Pengertian Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan ialah salah satu jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan dan perawatan semua member asuransi tersebut apabila mereka sedang jatuh sakit ataupun mengalami sebuah kecelakaan yang membuatnya harus masuk ke rumah sakit. Secara umum terdapat dua jenis perawatan yang ditawarkan oleh  pihak perusahaan-perusahaan asuransi, yakni rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment).

Produk asuransi kesehatan dikelola baik oleh perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi jiwa, ataupun juga sebuah perusahaan asuransi umum.

Di Indonesia sendiri, PT Askes Indonesia adalah salah satu jenis perusahaan asuransi sosial yang menyiapkan asuransi kesehatan untuk para membernya yang pada umumnya dari kalangan pegawai negeri baik sipil ataupun non-sipil. Anak-anak mereka pun ikut mendapat jaminan hingga umur 21 tahun. Para pensiunan beserta istri maupun suami juga diberi jaminan asuransi seumur hidup.

Selain dari golongan tersebut di atas pemerintah juga telah membuat sebuah program asuransi kesehatan untuk penduduk yang memiliki penghasilan rendah, yang kita kenal dengan nama JAMKESMAS, jaminan kesehatan masyarakat, selain dari program tersebut yang biayannya diambil dari APBN, sejumlah pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten/kota juga memiliki program yang hampir sama yakni Jamkesda dan Jamkesos misalnya, antara lain, di kabupaten Musi Banyuasin di tahun 2002, Jembrana sejak 2003 di Yogyakarta sejak 2003 dan juga di provinsi SumSel, di sana dikenal dengan nama Jamsoskes, bermula pada awal januari 2009 meskipun pada awal maret 2010 pemerintah pusat melakukan kajian kemungkinan melarang pembiayaan asuransi kesehatan melalui atau menggunakan dana APBD.

Di tahun 2010,120,2 juta dari sekitar 237 juta warga Indonesia mempunyai asuransi kesehatan yang disediakan baik oleh PT Askes Indonesia, PT Jamsostek, PT Asabri ataupun melalui program Jamkesmas dan asuransi lainnya, seperti misalnya Sinar MasAviva Indonesia.

Sejumlah dari perusahaan asuransi kerugian serta asuransi jiwa sudah memasarkan pula program-program asuransi kesehatan dengan berbagai jenis varian yang berbeda-beda. Pada umumnya perusahaan asuransi yang menyediakan program asuransi kesehatan melakukan kerja sama dengan provider rumah sakit dengan cara langsung ataupun lewat institusi perantara yang bertindak sebagai asisten manajemen jaringan dari rumah sakit.



Related Posts

KOMENTAR DISINI!