Halaman

7 Tips Memilih Produk Asuransi Kendaraan

Jenis asuransi kendaraan yang paling banyak diikuti di Indonesia adalah asuransi mobil, mungkin karena harga mobil yang mahal. Dalam memilih asuransi anda perlu hati-hati, jangan hanya karena ada iming-iming angsuran premi yang kecil dan tanggunan yang besar anda langsung mendaftar. Sekali lagi hati-hati penipuan berkedok asuransi.

Di Indonesia ada terdapat banyak perusahaan asuransi, namun hanya beberapa yang bisa dipercaya dan memiliki reputasi yang baik. Baca : 15 Perusahaan asuransi terpercaya di Indonesia

Kembali lagi masalah pemilihan produk atau pihak asuransi, berikut ada 7 tips yang mesti anda perhatikan sebelum memilih produk atau perusahaan asuransi :

1. Kualitas


Kualitas memang harus menjadi prioritas nomor satu anda, tidak terkecuali jenis asuransi mobil. Nah, Anda pun dapat memilih jenis asuransi mobil yang telah mempunyai predikat atau reputasi yang baik, misalnya sudah mendapat penghargaan, diantara penghargaan tersebut ialah Best General Insurance, Indonesian Customer Satisfaction Award dan Indonesian Best Brand Award yang dapat menjadi acuan bahwa asuransi mobil tersebut dapat dipercaya, handal serta bertanggung jawab.

2. Biaya resiko sendiri

Ada baikya pilihlah jenis asuransi mobil yang menerima sekali klaim saja untuk kumpulan tabrakan dalam kurun waktu yang berbeda-beda, dibanding asuransi mobil yang menerapkan sistem klaim setiap ada peristiwa kecelakaan atau peristiwa lain yang menyebabkan kerusakan. Tentu Anda harus membayar biaya yang disebut own risk atau resiko sendiri yang nilainya berkisar Rp 100.000 beberapa kali disebabkan mesti bolak-balik ke bengkel. Apalagi jika hasil kerja bengkel tersebut sangat tidak memuaskan. Nah, dengan jenis asuransi mobil yang menerima atau menggunakan sistem sekali klaim maka Anda tak perlu sering-sering datang ke bengkel yang ujung-ujungnya membuat Anda rugi karena mesti membayar biaya Own Risk atau OR, waktu Anda juga tak terbuang, apalagi jika bengkelnya adalah bengkel yang resmi.

3. Perhatikan bengkel rekanan pihak asuransi

Seperti yang telah disinggung di atas maka pilihlah pihak perusahaan asuransi yang mempunyai bengkel rekanan yang sudah mempunyai kredibilitas yang cukup atau sangat baik. Dengan begini Anda tak perlu bolak-balik bengkel disebabkan hasil kerja yang tak beres dan tak akan menyia-nyiakan waktu Anda.

4. Proses klaim asuransi mobil

Ada baiknya anda mencari dan memilih pihak asuransi dengan proses atau sistem klaim yang tidak ribet yang dapat merepotkan anda. Terdapat beberapa pihak asuransi mobil yang membuat aturan yang rumit, seperti anda mesti menunggu pihak surveyor dan kemudian mesti berdebat lagi dengannya dan penerimaan SPK atau Surat Perintah Kerja juga butuh waktu beberapa hari agar pihak bengkel bisa melakukan perbaikan untuk mobil Anda. Tentu hal semacam ini akan menjadikan Anda membuang banyak waktu. Olehnya itu, pilih jenis atau pihak perusahaan asuransi mobil yang menyiapkan proses klaim asuransi dan menerima Surat Perintah Kerja hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.

5. Spare-Part Asli

Sebaiknya pilihlah jenis asuransi mobil yang memang akan menjamin bahwa spare-part yang dipakai merupakan yang asli dan memiliki garansi sehingga tak menyebabkan kerugian di pihak Anda.

6. Fitur tanggung jawab pihak ketiga

Terkadang peristiwa kecelakaan justru membuat pihak ketiga menderita kerusakan yang lebih parah dibanding kita. Apalagi jika pengemudi ataupun penumpang juga terkena konsekuensinya. Oleh karena itu, Anda bisa memilih dan membeli asuransi mobil yang juga memberi pertanggungjawaban untuk pihak ketiga lebih besar agar Anda tidak terbebani dengan adanya biaya ekstra, selanjutnya pengemudi atau penumpang juga mempunyai perlindungan.

7. Perlindungan 24 jam

Asal anda tahu, terdapat beberapa jenis asuransi mobil yang mempunyai ketentuan batas wilayah ataupun jam? Olehnya itu, cermatilah dengan baik ketentuan asuransi mobil tersebut. sebelum memilihnya. Ada baiknya anda memilih asuransi mobil yang memberi jaminan perlindungan di luar daerah dan mempunyai nomor kontak yang gampang dihubungi 24 jam penuh agar anda bisa meminimalisir kekhawatiran Anda untuk mengadakan perjalanan jauh. Selain itu, asuransi mobil memiliki fungsi untuk membuat Anda tak kuatir terhadap mobil atau kendaraan Anda.




Related Posts

KOMENTAR DISINI!